Friday, August 24, 2012

Mall Rongsok: Biar Rongsok tapi Masih Berguna

Mall yang satu ini sangat berbeda dari mall-mall yang ada di Indonesia. Mall ini gak ada SPG-nya, tidak ada label harga di barang yang dijual, apalagi pakai barcode segala. Barang yang dijual juga bukan barang baru melainkan barang bekas yang sudah masuk kategori rongsokan. Tetapi meskipun rongsokan, masih bisa dimanfaatkan dan diberdayakan. Selain itu harganya juga sangat murah (ya jelaslah...). 

Namanya Mall Rongsok. Bisa jadi inilah mall yang pertama di Indonesia yang menjual barang-barang rongsokan. Posisi mall ini ada di Jl. Bungur, Kukusan Depok, sebuah jalan diantara Tugu Tanah Baru dengan perempatan Kukusan. Mall yang buka dari jam 08.00 pagi sampai jam 05.00 sore ini cukup kentara dilihat dari jauh, banyak barang-barang rongsokan di depannya dan ada tulisan besar MALL RONGSOK dengan dasar merah menyala. 

Pagi itu saya (ceritanya atas nama Tim Jam Kumpul), mampir di mall ini. Lantai mall tidak berubin, tetapi beralaskan karpet bekas pada semua lantainya. Pada langit-langitnya bergantung barang-barang yang dibungkus plastik bening, memenuhi langit-langit. Mall dengan bangunan semi permanen ini menjual beragam barang bekas pakai. Kayaknya kalau mau cari apa aja, besar kemungkinan ada. Yang saya datangi pertama kali adalah rak-rak buku, yang men-display majalah bekas, buku komik, buku paket sekolah, buku berbahasa Inggris, dll. Selain itu dijual juga CD, DVD, atau kaset video yang udah jadul. Karpet bekas, kompor gas bekas, meja-kursi bekas, dll. Di sisi yang lain berjajar monitor komputer, TV, video player, tape, radio, speaker, dll. Pandangan saya juga melihat ke atas langit-langit, tergantung power supply CPU, mainan anak, bahkan ada juga seragam satpam... :). Di tengah-tengah ada box bayi warna merah putih. Nampak masih kotor. Yah, namanya juga barang bekas. 

Di sini harus tekun kalau kita mau cari barang yang kita inginkan. Saya mendapatkan buku bekas yang saya kira bermanfaat buat saya pribadi. Sebuah buku 'The Craft of Copywriting' karya Alastair Crompton. Tadinya saya tanya harganya Rp. 10.000. Setelah tawar-menawar dapatlah harga final Rp. 7.000. Gak tahu masih mahal atau tidak yah, yang jelas saya puas dengan apa yang saya dapatkan. 

Biar barang rongsok tapi masih bisa bermanfaat buat orang lain. Yuk, mampir ke Mall Rongsok.






















---
Teks dan foto oleh Chandra
Ruang 7 - Depok
24 Agustus 2012
Selepas Ashar

7 comments:

  1. Wah terima kasih sekali atas info-nya. selama ini saya selalu mencari barang2 bekas ke pasar poncol, senen...

    ReplyDelete
  2. saya dah dua kali kesana tetapi harga dan pelayanannya kurang bersahabat dan penataan barangnya kurang teratur

    ReplyDelete
  3. Buat kalian ada yang BARU nih sayangi GEDGET kalian yaaa:) banyak INFORMASI yang bakal kalian tau dengan lihat link-link ini langsung saja yuuu:)
    http://zapplerepair.com/perbedaan-antara-lcd-iPhone-original-sama-iPhone-lcd-ori-kaca-palsu.html

    ReplyDelete
  4. Salam buat Owner/Pemilik Mas-Agi : Aku Mas-Hadi ingin jual barang2bekas dagangan saya yaitu Alat2~Listrik spt 2 Lampu-PLC 2Jari SITRANG-PHILIPS 22Watt , Terminal Stop-Kontak 3~Lubang , Colokan/Steker , HP Merk SONER(SONY-ERICCSON ) Model~Lipat\Flip Juga Modem~Internet Jadul Merk BOLT-ZTE > Hubungi #0838.9898.0326 Juga Pin-BBM:5AF8E210 Serta FB-Profiles_ Https://www.facebook.com/nazmul.hadi.9 Atau E-Mail,Google+,LinkedIN,Twitter-ID; nzlhadi275@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Bisnis barang bekas bikin kanto g tebal,makasih gan infonya

    https://duitfull.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Bisnis barang bekas bikin kanto g tebal,makasih gan infonya

    https://duitfull.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. Kalau ada spiker besar yg rusak bs info ke sy gan WA 083101114.trimaksih

    ReplyDelete



IP