Tuesday, July 22, 2014

Manado Punya Tempat Sampah Khusus

Salah satu untungnya kalau jalan-jalan, apalagi ke daerah orang adalah mengetahui hal-hal baru terkait budaya setempat. 

Contoh yang menarik saat saya main-main ke daerah Manado. Daerah Manado memang daerah yang tertata baik setidaknya ini terlihat dari cara pengelolaan sampah di daerah ini. Pada tempat-tempat tertentu terdapat kotak besar berwarna biru setinggi orang dewasa. Sekilas memang mirip lemari baju. Kotak-kotak ini fungsinya sebagai tempat sampah besar. Tapi tidak semua sampah boleh masuk ke kotak ini, hanya sampah botol plastik, gelas plastik, dan kaleng yang boleh dilempar ke kotak ini. 

Pemerintah daerah ini memang cukup cerdik dalam pengelolaan sampah. Sampah telah terpilah-pilah sedari awal. Ini tentunya akan memudahkan petugas pengelola sampah itu sendiri. Sampah yang boleh masuk ke kotak biru ini memang sampah-sampah yang bisa didaur ulang kembali. 

Cukup cerdik memang, akibatnya saya kira tidak ada pemulung di daerah ini... :).    


---
Teks dan foto oleh Chandra
22 Juli 2014
Hotel Acacia, Jakarta

1 comment:

  1. zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrepair.com)
    TIPS DAN TRICK UNTUK PENGGUNA SMARTPHONE

    ReplyDelete



IP