Sunday, November 7, 2010

Rujak Gendut Barelang - Batam

Menikmati pemandangan dan angin dari atas Jembatan Barelang - Batam serasa belum lengkap tanpa menyantap camilan. Hitung-hitung buat pelengkap teman ngobrol biar mulut tidak terasa 'asem'. Ya, daripada merokok yang berbahaya buat kesehatan, mendingan makan rujak. Yup.

Di atas Jembatan Barelang ini ada satu-satunya penjual rujak yang boleh dicoba. Dia menamakan dirinya sebagai "Rujak Gendut Gitu Lho" :). Saya sendiri tidak sempat menanyakan dari mana asal-usul nama tersebut. Tetapi beberapa teman ketika berkunjung ke sana sempat mencoba Rujak Gendut ini. Harganya insya Allah relatif terjangkau. Dan soal rasa pedas, kita bisa pesan tidak pedas, sedang, atau bahkan ekstra pedas. Hmm, ternyata penjualnya punya cara yang menarik ketika mengulek sambalnya. Bikin kita ketawa aja, sang bapak tersebut mengulek sambel sambil bergoyang pinggul. Mungkin untuk mengimbangi ulekan sambel yang dia lakukan di atas sepedanya. Ya, itu cuma cara bikin rujak saja, yang penting kan hasil akhir soal rasa harus siip.


Sepertinya bapak penjual rujak ini juga paham benar cara memperbesar daerah pasar, buktinya beliau merelakan mencantumkan nomor hapenya di atas sepedanya. Ya, kami doakan semoga pemasarannya semakin meluas... amiin. Tapi jangan sampai pembaca yang di luar Batam kirim SMS buat pesen rujaknya. Kasihan beliau, ngirimnya repot... :).

Di atas Jembatan Barelang ini, ada juga penjual makanan yang lain. Yang menarik adalah penjual sate udang. Makanan ini terdiri dari udang-udang yang ditusuk pakai lidi dan kemudian dilumuri dengan tepung. Kemudian digoreng. Wah, klo udang insya Allah banyak proteinnya, katanya sih bikin cerdas.


Selain itu dijual juga kepiting raksasa. Hmm, sedapnyaa.... . Tapi bingung juga nih kalau mo makan kepiting, gimana makannya yah? Gak jadi nyobain deh.


Yup, itu sebagian dari penjual makanan yang ada di atas Jembatan Barelang, sebuah jembatan yang menghubungkan Pulau Batam, Pulau Rempang, dan Pulau Galang. Kalau pembaca ke Batam, sempat-sempatkan diri ke jembatan ini dan cicipi Rujak Gendut dan yang lainnya. Ya, itung-itung menghidupkan ekonomi rakyat kecil.


---

Ruang7 - Depok
Chandra
7 November 2010 Jam 13.43 WIB



1 comment:

  1. Buat kalian ada yang BARU nih sayangi GEDGET kalian yaaa:) banyak INFORMASI yang bakal kalian tau dengan lihat link-link ini langsung saja yuuu:)
    http://zapplerepair.com/Macbook-Pro-2017-recovery-ambil-data-dari-ssd-onboard-logicboard.htm

    ReplyDelete



IP