Thursday, November 15, 2012

Memburu Pempek sampai ke Sungai Musi


Palembang merupakan kota yang terkenal karena kerupuknya. Yang paling populer adalah kerupuk kemplang. Gak tahu kenapa dinamakan seperti itu. Yang lainnya yang juga terkenal adalah pempek, makanan khas kota ini yang terbuat dari ikan. 

Dari masukan teman-teman dan juga dari browsing di Internet saya dapat beberapa merek pempek yang populer dari kota tempat dibangunnya jembatan Ampera. Pilihan jatuh pada pempek Candy. 

Jadilah saya sebagai salah satu tim Jam Kumpul menyambangi kota yang terkenal dengan sungai Musinya. Dengan naik Garuda sampailah saya di bandara Sultan Mahmud Badaruddin II. Outlet pempek Candy ada di beberapa lokasi. Selepas urusan kantor, saya mendatangi outlet yang berlokasi di Jl. Jend. Sudirman. Outletnya berada di depan Polda. Sebuah papan nama besar bertuliskan Pempek Candy menyapa saya. 

Yang datang ke pempek Candy umumnya adalah para pelancong yang akan membeli oleh-oleh, jadi biasanya memang dibungkus dan tidak dimakan di tempat. Tetapi pempek Candy juga menyediakan meja dan kursi buat mereka yang mau makan di toko. Kalau ingin dibungkus, kita diberikan beberapa pilihan paket. Yang paling murah paket dengan harga Rp. 60.000. Saya pilih paket yang medium aja dengan harga Rp. 150.000. 

Sang penjaga toko pun mengumpulkan pempek ke dalam plastik bening sesuai paket. Kemudian ditaburi dengan tepung sagu agar tidak lengket. Barulah diikat. Pempek dilengkapi juga dengan saus berwarna hitam yang bernama cuko, terbuat dari air, gula merah, bawang putih, garam, cabe dan udang. Setelah pempek dan sausnya siap, barulah dipaket ke dalam kardus bertuliskan Pempek Candy dan diikat dengan ikat kardus yang kuat dan nyaman. Katanya pempek Candy bisa tahan beberapa hari. 

Pempek Candy siap dibawa pulang sebagai buah tangan. Bila kita akan membawanya menggunakan pesawat terbang, baiknya paket pempek dimasukkan bagasi, agar bau ikannya yang kuat tidak tercium para penumpang. 

Akhirnya berhasil juga misi memburu pempek di sungai Musi. 


Sampai di Palembang. Foto milik Happy Chandraleka

Jembatan Ampera difoto dari L-300 Travel 2002. Foto milik Happy Chandraleka

Papan nama Pempek Candy. Foto milik Happy Chandraleka

Buat yang ingin makan ditempat. Foto milik Happy Chandraleka

Pempek ditaburi tepung sagu dan dibungkus. Foto milik Happy Chandraleka

Cuko penyedap pempek. Foto milik Happy Chandraleka

Outlet pempek Candy di Jl. Sudirman. Foto milik Happy Chandraleka

Paket pempek Candy di halte Trans Musi. Foto milik Happy Chandraleka

Paket pempek Candy masuk bagasi pesawat Garuda. Foto milik Happy Chandraleka

From Russia Palembang with Love Pempek. Foto milik Happy Chandraleka

---
Teks dan Foto oleh Happy Chandraleka
di Ruang 7 Depok
15 November 2012
Jam 09.15 pagi

1 comment:

  1. Buat kalian ada yang BARU nih sayangi GEDGET kalian yaaa:) banyak INFORMASI yang bakal kalian tau dengan lihat link-link ini langsung saja yuuu:)
    http://zapplerepair.com/perbedaan-antara-lcd-iPhone-original-sama-iPhone-lcd-ori-kaca-palsu.html

    ReplyDelete



IP