Thursday, December 5, 2013

Jalan-Jalan (Asli Jalan Kaki) di Kota Salatiga

Kamu bener tujuh, berarti SALAH TIGA. Yup, inilah Salatiga, kota yang sudah dua kali saya kunjungi untuk urusan dinas. Berada di jalur Semarang-Solo dan berhawa lumayan sejuk ketimbang Jakarta. Pusat kotanya tidak terlalu besar. Jadi kalau muter-muter ya cuma segitu aja. 

Pas bertandang ke kota ini, saya sempetin jalan-jalan (asli jalan kaki) ke beberapa spot di kota ini. Ya, gak banyak lah, namanya juga jalan kaki sambil lihat-lihat daerah orang yang masih masuk Indonesia, negara dengan komunitas Muslim terbesar di dunia. Pagi-pagi, ketika matahari masih malu-malu untuk terbit, saya bergegas berjalan ke Lapangan Pancasila. Cabut dari hotel langsung menyusuri Jl. Sukowati. Ini jalan sama namanya sama Pasar Sukowati di Bali. Dan sama juga dengan nama seorang profesor di sebuah institusi. Melewati toko-toko yang masih tutup, akhirnya sampai di Lapangan Pancasila yang berada diujung Jl. Sukowati. Sudah banyak orang yang pada olah raga, baik yang jogging atau sekedar jalan kaki. Di salah satu sisi lapangan, berdiri megah Masjid Raya Daarul Amal, Salatiga. Ini satu bangunan yang tidak boleh hilang dari kota ini. 

Sempetin juga kalau di kota ini, menyusuri Jl. Sudirman. Dimana-mana kalau yang namanya Jalan Sudirman, tentu dia adalah jalan besar di kota tersebut. Ya, itu menurut pengamatan saya. Tapi insya Allah bener. Toko-toko berjejer di sepanjang jalan ini. Tempat jual oleh-oleh juga banyak. Ada juga pasar Taman Sari Shopping Center dan Pasar Raya 2 Salatiga, yang boleh ditengok. 

Menjelang sore, di sepanjang Jl. Sudirman, banyak pedagang membuka warung makan. Yang perlu dicoba adalah wedang ronde untuk penghangat tubuh. Wah, mantap. Di dekat pintu masuk Hotel Le Beringin ada pedagang sate ayam yang layak buat dicoba. Cobain juga Sate Sapi Suruh yang ada di jalan ini. 

Yup, ini cuma sekedar catatan ringkas, buat mereka yang mau ke Salatiga, kalau salah satu, ya bukan ke sini tempatnya... :)

Seorang warga sedang berolah raga pagi di Lapangan Pancasila Salatiga

Masjid Raya Darul Amal di sisi Lapangan Pancasila Salatiga

Taman Sari Shopping Center. Keren namanya, tapi kok kayak tempat blusukan?

Pasar Raya 2 Kota Salatiga

Hiruk pikuk Jl. Sudirman Salatiga

Masih lengang



Penjual kembang
 
---
Teks dan foto oleh Chandra
di Hotel Le Beringin, Salatiga
05 Desember 2013
Jam 16.35 Sore.

1 comment:



IP