Friday, July 1, 2016

Rawon Setan Surabaya

Surabaya Mei 2016. Setelah beberapa kali ke Surabaya, kali ini kesampaian juga tim Jam Kumpul mencicipi yang namanya rawon setan. 

Memang ini nama mengundang penasaran. Ujung-ujungnya, demi memenuhi rasa penasaran, tim Jam Kumpul hunting rawon setan. Dari browsing di Internet ternyata rawon setan itu sudah pecah dua, gak tahu mana yang asli yang jelas kedua-duanya mengklaim yang asli Surabaya. Tapi menurut saya yang paling banyak disamperin adalah rawon setan yang ada di depan hotel J.W. Marriot Surabaya.

Dengan naik becak, karena kita gak tahu harus naik angkot apa, sampai juga di depan hotel J.W. Marriot. Tinggal nyebrang jalan buat ke warung rawon setan. Tulisan merah dengan latar hitam terlihat jelas di seberang jalan. Saat itu memang rame sekali, hampir saja gak dapet tempat duduk.

Akhirnya kami pesen rawon daging. Satu porsi isinya nasi, rawon, sambal dan toge yang masih kecil (lupa saya namanya). Menurut saya, spesialnya di rawon setan adalah potongan dagingnya yang besar dan empuk. Kluweknya juga terasa, dan kuah yang hitam spesial rawon. 

Untuk soal harga memang rawon setan termasuk mahal. Makanya kayaknya saya gak mau lagi ke sana. Apalagi soal rawon, ibu dan istri saya masih lebih baik dalam membuat rawon. Ini kesimpulan saya sebagai penikmat rawon. 








---
Teks dan foto oleh Chandra
Ramadhan 1437 H
Ditulis di Percetakan Negara Jakarta
 

No comments:

Post a Comment



IP